eryk budi pratama

eryk budi pratama
Home » , , , » Welcome Maha(siswa) Teknik Informatika

Welcome Maha(siswa) Teknik Informatika



Halo haloo.. Selamat ya untuk para mahasiswa baru Teknik Informatika Universitas Bakrie yang telah menentapkan pilihan di jurusan dan kampus tercinta ini. Welcome ya :D Selamat ya menjadi bagian dari keluarga besar Teknik Informatika Universitas Bakrie. Semoga betah di sini :)



Di sela-sela waktu saya sebagai konsultan pemula di EY, saya coba sempatkan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. At least kalau benar-benar sibuk saya sempatin nulis-nulis yang gak jelas asal masih bisa kebaca, hehe. Tulisan ini saya tujukan khusus untuk mahasiswa Teknik Informatika Universitas Bakrie, namun bisa menjadi referensi pula bagi mahasiswa Teknik Informatika kampus lain. Kurang lebihnya gak jauh beda lah.

Adek-adek yang hebat dan luar biasa, yang tentunya nanti akan lebih hebat dari saya, izinkan saya memperkenalkan diri sedikit. Saya Eryk Budi Pratama, alumni Teknik Informatika Universitas Bakrie angkatan 2010. Alhamdulillah sudah lulus sidang skripsi bulan Juli dan kelar yudisium bulan Agustus. Saat ini saya sedang menunggu masa-masa yang buat saya mengharukan, yaitu wisuda. Alhamdulillah sebelum sidang skripsi, saya sudah diterima kerja di Ernst & Young (EY), salah satu "Big 4" professional services multinational company sebagai konsultan (Assistant 1) di Advisory Services, IT Risk and Assurance, dengan fokus utama di bagian Information Security. Pekerjaan yang saya lakukan sekarang masih berhubungan dengan kuliah di IT kok. Jadi masih berada di jalan yang benar :v Saat ini saya juga melanjutkan S2 MM di Universitas Bakrie.



Okey, saatnya bercerita tentang Teknik Informatika, terutama di Universitas Bakrie. Sudah pada ikutan UB's week kan? Pasti enak donk ospek di UB kan beda dari yang lain. Setelah UB's week, maka kalian akan diperkenalkan dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTIF) UB. Untuk masalah kurikulum dan perkuliahan biasanya di minggu-minggu awal kaprodi akan menjelaskan secara komprehensif. Silakan ya banyak-banyak bertanya agar hatinya memang mantap ingin menuntut ilmu, mengasah skill, menambah pengalaman, dan berkarier di bidang IT. Dunia IT sangat luas. Ketika berbicara tentang IT, kita tidak cuma ngomongin teknologi atau teknikal loh walaupun memang tujuan kalian kuliah di IT memang untuk mempelajari banyak hal teknis (namanya aja teknik). Oia selingan, mungkin kalian bisa baca tulisan saya sebelumnya :)



Sejujurnya, saya jurang update masalah kurikulum saat ini karena beberapa kali ada perubahan. Tapi tidak signifikan kok perubahannya. Justru kita harus bangga karena kurikulum selalu update. Kalau IT di UB sendiri porsi untuk belajar jaringan komputer (atau yang berkaitan dengannya) sedikit lebih banyak. Kalian akan belajar CCNA selama 4 semester (ada sedikit perubahan sepertinya soalnya CCNA 1 digabung sama matkul apa gitu lupa). Ada pula matkul tentang simulasi jaringan, Ethical Hacking, dan  IT security. Bagi yang suka programming, programming tetep ada kok (ya iyalah harus ada --"). Nanti saat tahun ketiga ada matkul peminatan. Saya gak akan bahas karena takutnya ada perubahan. Ada beberapa matkul non teknis yang bakal kalian pelajari. Kalau saya sendiri paling suka matkul IT Governance dan IT Security (+Ethical hacking) karena memang dari smp dulu hobi iseng dan memang sesuai dengan pekerjaan saya saat ini.

Pada tahun pertama (Freshman), kalian akan belajar dasar-dasar dari ilmu IT dan juga diperkenalkan matkul dasar non-IT seperti Pengantar Manajemen. Believe or not, matkul non-IT juga sangat bermanfaat kok buat kerja nanti. Nah karena masih freshmen, otak masih fresh (??), jadi kuliah dijalani dengan serius tapi santai. Tips dari saya, kejar nilai setinggi-tingginya di tahun pertama. Kalian belum banyak tanggungan, jadi waktu yang sangat luang gunakan sebaik-baiknya untuk belajar secara optimal. Boleh lah main-main dan santai-santai tapi jangan berlebihan.









Karena sudah MAHAsiswa, maka kuliah jangan hanya sekedar belajar di kampus. Mulailah cari-cari informasi tentang dunia lain (maksudnya kegiatan di luar kampus). Kalau merasa cukup baik dalam hal time management, silakan ikutan kegiatan-kegiatan, komunitas, organisasi sosial, atau apapun yang bermanfaat. Nah karena kalian adalah mahasiswa IT, sudah tentu kalau bisa ikutan kegiatan-kegiatan berhubungan dengan IT. Join komunitas IT. Banyak kok event2 IT yang tentunya GRATIS !! Udah dapet ilmu, dapet kenalan, dapet makan :D Ini komunitas-komunitas yang pernah saya ikuti (buat referensi kalian).
Dari kegiatan-kegiatan yang diadakan komunitas tersebut, saya mendapatkan banyak hal. Dapat banyak ilmu, pengalaman, kenalan, bahkan penghargaan. Salah satunya ini :D






Tahun kedua (Sophomore), kalian harus sudah lebih memiliki wawasan tentang IT dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Tahun kedua ini kalian sudah bisa ikutan jadi pengurus HMTIF loh !! Jadi mulai tahun pertama ikutin terus ya event2nya HMTIF UB :D Tahun kedua ini biasanya tugas uda mulai banyak. Mungkin banyak di antara kalian yang mulai sedikit jadi orang sibuk, haha. Mungkin selain kuliah ya sibuk organisasi, entah di dalam atau luar kampus. Saran saya, mulailah mencari arah kira-kira apa yang menarik minat kalian di luar sana. Entah itu IT, bisnis, sosial, atau apapun di luar sana cukup banyak kok jadi kalian bisa menentukan mau mengembangkan diri di bidang apa. Kalau saya sendiri lebih banyak berkecimpung di komunitas IT karena memang kelak saya ingin jadi konsultan IT. Jadi saya harus tahu banyak hal mulai dari perkembangan IT yang selalu cepat dan pengalaman dari orang-orang yang lebih berpengalaman. Alhamdulillah impian saya untuk menjadi konsultan IT terwujud, ya walaupun saat ini masih pemula :D
Oia... kalian juga bisa daftar jadi asisten dosen/asisten lab. Lumayan loh selain nambah pengalama mengajar, nambah ilmu, juga nambah penghasilan :p Kebetulan saya juga jadi aslab beberapa kali selama kuliah di UB.




Tahun ketiga (Junior), ini biasanya tahun malas. Kalian biasanya merasakan suatu kejenuhan. Nah, ayo semangat ya !! Justru ini tahun penentuan arah masa depan kalian. Di tahun ketiga ini kalian sudah mulai cari-cari magang/internship. Buat yang pingin buat bisnis, biasanya tahun ketiga ini bisnisnya sudah berjalan dan sudah menghasilkan duit yang lumayan :p Kesibukan kalian akan semakin memuncak. Banyak tugas banyak deadline (tergantung dosen sih). Kalian benar-benar dituntut untuk bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Saya sendiri pada sebelum memasuki tahun ketiga sudah mulai magang. Pada liburan semester 4 (akhir tahun kedua), saat itu saya magang di Telkom dan PLN di Surabaya. Ya mengorbankan waktu libur yang cukup lama dengan magang. Itung-itung sebagai pemanasan.





Tahun keempat (Senior)... tadaaa...Inilah masa-masa yang cukup menegangkan karena kalian akan dihadapkan dengan yang namanya skripsi. Saran saya, ambil mata kuliah atas sesegera mungkin agar pada semester 8 nanti tinggal skripsi saja sehingga kalian bisa fokus. Enaknya, kalian bisa sambil magang lagi. Ya kan daripada cuma buat ngerjain skripsi, mending magang buat cari-cari pengalaman sama tambahan penghasilan :p Buat yang pingin lulus 3,5 tahun, ya pada semester 7 kalian harus bener-bener serius. Selain ngerjain skripsi, juga ada kuliah. Ditambah lagi kalau misalnya kalian dapat magang yang agak lama. Rata-rata magang itu 3 bulan. Tapi ada juga loh magang yang sampai 6 bulan bahkan satu tahun :D





Nah..kelebihan kuliah di Teknik Informatika Universitas Bakrie adalah diharapkan setelah lulus nanti mahasiswa mengantongi dua sertifikat, yaitu Cisco Certified Network Associate (CCNA) dan Certified Ethical Hacking (CEH). CCNA sendiri diberikan selama empat semester, sedangkan CEH dalam dua semester. Dengan waktu belajar yang cukup lama, harusnya jika kalian ambil ujian sertifikasinya nanti tidak begitu sulit. Penting bagi mahasiswa IT yang memang nantinya ingin menjadi seorang profesional bidang IT untuk memiliki sertifikat internasional. Sertifikat ini kan bentuk pengakuan. Tentunya tetap skill harus tetap diasah dan pengalaman harus ditambah. Tapi setidaknya dengan mengantongi sertifikat IT yang bergengsi ini kalian akan memiliki nilai yang lebih.

Mungkin itu sedikit perjalanan kuliah yang bisa saya share. Tentunya perjalanan hidup teman-teman yang lain berbeda. Sebelum saya menutup artikel ini, saya ingin berpesan bahwa jadikan segalanya seimbang. Kuliah iya, berorganisasi iya, mengembangkan bakat dan minat iya, dsb. Karena sudah mahasiswa, jangan hanya belajar terus. Lihatlah dunia terbentang luas. Banyak yang bisa kalian dapatkan. Mendapat nilai/IPK yang bagus memang sudah kewajiban, tapi jangan jadikan patokan. Kejarlah ilmu dan pengalaman karena nilai adalah hasil, bukan tujuan. Kembangkan terus kemampuan dan potensi yang kalian miliki, terutama yang masih berhubungan dengan IT. Jalinlah relasi, kenal dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Ikutlah banyak kegiatan di luar tapi jangan sampai mengganggu waktu kuliah. Jangan lupa selalu berdoa dan rajin ibadah ya karena setelah semua usaha kita lakukan, kita harus berpasrah diri kepada Allah SWT :)

My beloved team in Sixma Technology



Sekian, semoga bermanfaat. Semangaaatttt ^_^



Salam,
Advisory Services (Assistant) - IT Risk and Assurance, Ernst&Young Indonesia

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

400 education adsl2+ advisory apec as400 auditor bakrie telecom bakrieland bakrieland goes to campus big 4 bisnis BLOG BTEL bts building relationship ccna ceh certified ethical hacker changi chevron CHIP cloud cloud computing collaboration comptia corporate affairs daily social db2 diskusi panel drupal edugate elektro emart ericsson indonesia ernst&young erp eryk budi pratama event report ey fo gaji game developer game development game programmer goes to school gpon gratis harapan hipnosis hipnoterapi i-Community iArmy IBM IBM i ibm indonesia ibm technology iCommunity ict award iFestival ilmu inaicta INDC international islamic university malaysia internship inti college IT IT consultant it risk assurance jaringan komputer kampus karier kebersamaan klcc komunikasi konsultan konsultan IT kuala lumpur kuliah larkin liburan linkedin magang makan malaysia mandiri young technopreneur membangun relasi microsoft mimpi MNC modem money matters moonson academy mrtg MUGI NET network nilai noc nokia noqc opera software paper pengalaman petronas php presentasi proferyk project management proposal proxmox queen street relasi relationship robotika rynet s40 web apps salary sap sap01 sekolah selina limman seminar seremban sharing session sidang singapore sitroges sixma technology skripsi ss robotika statistika struktur data system i talkshow tandif teknik informatika telekomunikasi telepati telkom time tugas akhir tulisan uas ub UGM unilever universitas bakrie urbanesia usaha venture web hosting wirausaha muda mandiri workshop cloud computing young on top
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eryk Budi Pratama - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger