eryk budi pratama

eryk budi pratama
Home » , , » Tentang Ernst & Young - the "Big 4"

Tentang Ernst & Young - the "Big 4"


Secara khusus, sebenarnya tulisan ini ditujukan untuk mahasiswa prodi IT/SI dan Akuntansi. Loh kok khusus prodi IT/SI dan Akuntansi doank? Jadi ceritanya ada beberapa pertanyaan dari teman yang berasal dari prodi IT/SI dan Akuntansi. Kurang lebih seperti ini:

Loh kok anak IT bisa masuk EY? Kerjaannya ngapain tuh kan EY perusahaan KAP (Kantor Akuntan Publik)

Di atas adalah pertanyaan dari teman Akuntansi. Nah yang di bawah ini pertanyaan dari teman IT/SI:
EY itu apa ya kak? Kerjaanya ngapain aja?
Itulah 2 pertanyaan yang sering ditanyakan, hehe. Nah pada artikel ini, akan saya coba jawab dan jelaskan.

Sebelumnya, coba pembaca lihat profil EY di wikipedia. Secara umum, EY memiliki empat divisi: Assurance, Tax, Advisory, Transactions. Itu saya urutkan berdasarkan besarnya persentase revenue. Selama ini yang banyak diketahui teman-teman Akuntansi adalah divisi Assurance. Assurance ini memang yang revenuenya paling besar karena memang jumlah projectnya paling banyak dan pasti banyak. Jika pembaca pernah membaca Annual Report perusahaan, nah itu auditornya ya KAP/Accounting Firm khususnya divisi Assurance ini.

Awalnya memang KAP bisnis utamanya di Assurance. Nge-audit keuangan perusahaan lah pokoknya :D Cuma seiring berjalannya waktu dan makin banyak peluang, maka divisinya pun bertambah. Salah satunya adalah divisi Advisory dimana ini adalah service line tempat saya berada. Karena saya lulusan IT, gak mungkin donk masuk ke Assurance. Advisory sendiri terdiri dari dua sub-service line, yaitu Performance Improvement dan Risk. Nah saya berada di sub-service line Risk. Sebelumnya, namanya adalah IT Risk and Assurance. Saat saya masuk sepertinya sudah diubah. Tapi ke depan saya masih pake nama yang sebelumnya aja biar gak bingung, haha.

IT Risk and Assurance terdiri dari beberapa management team. Ada Information Security, IT General Control, Application Control, dan lain-lain. Saya berada di tim Information Security. Jadi secara struktural, saya berada di Advisory-IT Risk and Assurance-Information Security. Spesialisasi utama tim saya adalah di Information Security. Jadi apapun bentuk project terkait IT security, seperti Security Assessment, Vulnerability Assessment, Penetration Testing, IT Security Architecture, Security Operation Center Design, dan beberapa bentuk project yang terkait sudah pasti tim saya yang akan handle.
Kalau lagi gak ada project ngapain aja?
Tenang. Gak ada kata gabut kok, haha. Ada saja yang bisa dikerjakan. Karena setiap konsultan memiliki target jam dalam setahun untuk memenuhi KPI, maka saya harus minta jatah hours ngerjain project lain. Di IT Risk & Assurance, tentunya yang paling banyak projectnya adalah Channel 1. Channel 1 di EY adalah yang mengurusi masalah IT Audit, entah itu aplikasi maupun infrastruktur. Saya sendiri di Channel 2. Karena project-project IT audit ini banyak, jadi saya bisa bantu-bantu channel 1 untuk mengerjakan IT General Control. Selain untuk menambah hours saya, juga membantu pekerjaan channel 1 yang tentunya segudang.

Nah Information Security ini ada di Channel 2. Selain Information Security, yang ada di channel 2 diantaranya adalah project-project yang terkait dengan Business Continuity Planing/Disaster Recovery(BCP/DRP), IT Risk Management, IT Strategy/Masterplan, IT Governance, IT Service Management, dan beberapa yang pokokya non-audit. Saya bersyukur berada di Channel 2 karena bisa belajar macem2 dan tidak monoton. Jadi kalau sedang tidak ada project, selain bantu-bantu channel 1, saya juga membuat proposal-proposal untuk tender terhadap jenis-jenis project yang ada di Channel 2. Lumayan lah walaupun belum lama di EY, saya jadi bisa banyak belajar metode-metode untuk beberapa jenis project.

Selain bantu-bantu ITGC channel 1, bikin proposal, juga mengerjakan hal-hal lain yang mensupport pekerjaan. Seperti misalnya saya pernah diberi tugas membuat kuesioner untuk Security Maturity Domain yang didesain khusus client EY. Kadang saya juga diberi tugas untuk membuat metode-metode yang disesuaikan dengan clientnya. Menarik lah pokoknya. Bener-bener kerasa banget hawa konsultan, haha. Selain mengerjakan hal-hal di atas, saya dan tim rutin mengadakan kegiatan sharing session atau knowledge update setiap sekali seminggu. Jadi masing-masing dari kami membuat materi dan dipresentasikan ke semua anggota tim. Seimbang lah antara kerja dan berbagi pengetahuan :D

Karena banyak informasi yang tidak bisa saya share, maka kurang lebih dari penjelasan singkat di atas semoga pembaca memahami bahwa orang IT bisa masuk ke EY dan perusahaan KAP yang lainnya. Klo di EY namanya IT Risk and Assurance, kalau KAP yang lain saya kurang tahu.

Jenjang Karier
Inilah enaknya kerja di KAP, yaitu jenjang karier jelas. Kalau di EY sendiri setiap tahunnya sudah pasti ada kenaikan/promosi jabatan TAPI tentunya melalui proses performance appraisal yang cukup ketat. Cukup banyak komponen penilaiannya. Karena EY adalah perusahaan besar, maka standarnya pun sangat tinggi. Standar yang tinggi membuat pekerjaan dan hasil pekerjaan para konsultan dan auditornya pun juga berstandar tinggi. Jadi untuk naik tingkat tidak semudah yang dibayangkan. Berikut adalah jenjang karier di EY. Kurang lebihnya seperti ini berdasarkan yang saya tahu. Jika ada perubahan akan saya update.
  • Assistant 1
  • Assistant 2
  • Senior 1
  • Senior 2
  • Senior 3
  • Senior 4 (Asisten Manajer)
  • Manager 1
  • Manager 2
  • Manager 3
  • Senior Manager
  • Associate Director
  • Partner
Saat ini posisi saya ada di Assistant 1. Insya Allah jika memang performance saya tiap tahunnya bagus, kurang lebih 6-7 tahun lagi saya mencapai level Manajer. Target saya adalah maksimal umur 30 untuk menjadi Manajer. Kalau di perusahaan non auditor, tingkatan posisinya tidak sebanyak itu. Tidak menutup kemungkinan jika memang saya betah jadi konsultan, sebelum umur 40 saya bisa mencapai level Partner. Kalau sudah level Partner, sudah saatnya saya merintis perusahaan IT Consultant sendiri :D

So.. buat temen-temen khususnya prodi IT/SI dan Akuntansi, sudah paham kan kalau EY dan KAP yang lainnya tidak hanya nge-audit duit perusahaan? Masing-masing punya divisinya sendiri. Buat temen-temen IT/SI, khususnya IT/SI di kampus saya, ayo banyak latihan ya biar skill dan pengalaman bertambah. Saya tunggu kehadiran konsultan-konsultan IT muda lulusan Universitas Bakrie untuk join di EY saat lulus nanti. Di sini banyak yang lulusan kampus favorit dan luar negri. Jadi buat yang suka tantangan, suka pekerjaan dengan kualitas tinggi, dan suka hal-hal yang nggreget, Let's join EY.

Semoga bermanfaat :)


Salam,
IT Advisory Consultant - Risk Information Security, Ernst&Young Indonesia
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

2 komentar:

mrizafahlifi.blogspot.com mengatakan...

Mas kalao untuk info internship di EY ada gk sih? saya ingin sekali mencoba magang di KAP seperti EY untuk menambah pengalaman & skill saya setelah lulus nanti untuk memasuki pasar kerja yang sesungguhnya. Mohon jawabannya terima kasih.

Fahmi mengatakan...

Mas, untuk tahapan interviewnya dulu seperti apa saja? Terimakasih

Posting Komentar

Labels

400 education adsl2+ advisory apec as400 auditor bakrie telecom bakrieland bakrieland goes to campus big 4 bisnis BLOG BTEL bts building relationship ccna ceh certified ethical hacker changi chevron CHIP cloud cloud computing collaboration comptia corporate affairs daily social db2 diskusi panel drupal edugate elektro emart ericsson indonesia ernst&young erp eryk budi pratama event report ey fo gaji game developer game development game programmer goes to school gpon gratis harapan hipnosis hipnoterapi i-Community iArmy IBM IBM i ibm indonesia ibm technology iCommunity ict award iFestival ilmu inaicta INDC international islamic university malaysia internship inti college IT IT consultant it risk assurance jaringan komputer kampus karier kebersamaan klcc komunikasi konsultan konsultan IT kuala lumpur kuliah larkin liburan linkedin magang makan malaysia mandiri young technopreneur membangun relasi microsoft mimpi MNC modem money matters moonson academy mrtg MUGI NET network nilai noc nokia noqc opera software paper pengalaman petronas php presentasi proferyk project management proposal proxmox queen street relasi relationship robotika rynet s40 web apps salary sap sap01 sekolah selina limman seminar seremban sharing session sidang singapore sitroges sixma technology skripsi ss robotika statistika struktur data system i talkshow tandif teknik informatika telekomunikasi telepati telkom time tugas akhir tulisan uas ub UGM unilever universitas bakrie urbanesia usaha venture web hosting wirausaha muda mandiri workshop cloud computing young on top
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eryk Budi Pratama - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger