eryk budi pratama

eryk budi pratama
Home » , , , » Singapore - Malaysia Trip (12-19 May 2014)

Singapore - Malaysia Trip (12-19 May 2014)


Bingung mau memulai tulisan darimana. Perjalanan selama 8 hari ke Singapore dan Malaysia memiliki banyak cerita mulai dari hal-hal yang menyenangkan dan mengangkan. Tentunya perjalanan yang cukup lama ini telah dipersiapkan jauh hari, bahkan hampir setengah tahun yang lalu sebelum tanggal keberangkatan saya dan beberapa rekan saya di Sixmatech menapakkan kaki di kedua negara tetangga ini. Banyak hal yang ingin saya ceritakan kepada para pembaca khususnya yang ingin mengunjungi Singapore dan Malaysia. Saya masih traveler pemula, namun tidak ada salahnya saya berbagi pengalaman backpacking ke Singapore dan Malaysia. Backpacking dengan biaya yang murah dan terjangkau. Ya... MURAH dan TERJANGKAU bagi kantong mahasiswa yang pas-pasan seperti saya :D Kurang lebih saya menghabiskan biaya sekitar 2jutaan (termasuk tiket pesawat, penginapan, makan, transportasi). Biaya yang cukup murah untuk 8 hari di Singapore dan Malaysia.

Karena perjalanan yang cukup pajang, maka saya akan menyajikan pengalaman saya selama 8 hari di kedua negara tersebut dalam beberapa artikel. Saya berusaha menulis artikel pengalaman backpacking saya secara urut, mulai dari tahap inisiasi sampai closing (walah kok kayak project aja --"). Pada artikel ini akan saya paparkan tahap persiapan sebelum keberangkatan. Pada artikel terakhir yang akan saya tulis, saya akan menjabarkan rincian biaya yang saya keluarkan untuk melakukan perjalanan pajang ini. Artikel akan saya tulis secara blak-blakan. Jadi kalau ada sesuatu yang kurang berkenan, mohon dimaklumi :p



PERSIAPAN
Tiket Pesawat
Jika berbicara tentang persiapan, tentunya tahap pertama adalah berburu tiket terutama tiket promo atau murah. Pada dasarnya penerbangan ke Singapore menggunakan maskapai low cost biayanya hampir sama dengan perjalanan yang biasa saya lakukan dari Jakarta-Surabaya kurang lebih sekitar Rp400.000 - Rp600.000. Namun kami cukup beruntung menemukan tiket Jakarta-Singapore hanya Rp99.000 (belum termasuk pajak atau apa gitu)!! Kami menggunakan maskapai Tigerair Mandala. Kebetulan Tigerair sedang banyak promo. Dari pemesanan di bawah ini, pembaca tahu masing-masing orang harus mengeluarkan berapa utuk tiket JKT-SIN.
Karena tiket dari Singapore-Jakarta tidak ada promo, maka kami putuskan untuk membeli tiket pulang dari Kuala Lumpur (Malaysia). Seingat saya saat pesan biayanya sekitar Rp300.000. Cuma ketika pesan, harganya sedikit naik. Cuma no problem lah :D
Jadi total untuk pesan tiket pesawat JKT-SIN dan KL-JKT per orang adalah Rp412.000. Setelah tiket pesawat dipesan, saatnya berburu pengiapan :D

Penginapan
Yang namanya backpacker, pasti nginepnya di tempat yang murah. Untuk pemesanan hotel, saya rekomedasikan lewat Agoda. Awalnya kami mencari2 hostel atau dormitory yang harganya kisaran SGD 15-20. Berhubung transaksi di Agoda menggunakan kartu kredit, dan kami tidak punya kartu kredit, akhirnya jalan terakhir yaitu kami titip rekan yang kebetulan sedang traveling ke Thailand-Singapore-Malaysia. Karena posisi sedang di Singapore, maka rekan kami memesan hotel dengan harga SGD64 per malam. Kami pesan hotel untuk 2 malam (13-15 May 2014) jadi totalnya SGD128. Oia lupa. Salah satu teman saya tidak bisa ikut karena sakit, jadi kami melanjutkan perjalana hanya bertiga. Total pengeluaran untuk hotel adalah SGD43 atau Rp408.500, dengan asumsi Rp1 = SGD9.500.
Untuk penginapan di Malaysia, kebetulan kami menginap di apartemen teman yang sedang kuliah di Malaysia. Jadi kami tidak mengeluarkan biaya sama sekali untuk penginapan di Malaysia. Tapi berdasarkan pengamatan selama berada di Nilai, Seremban, dan Kuala Lumpur, ada penginapan murah kisaran RM70-80.

Perbekalan
Tiket pesawat sudah, penginapan sudah. Selanjutnya menyiapkan hal-hal yang sekiranya perlu dibawa selama traveling. Untuk kebutuhan standar seperti pakaian, peralatan mandi, peralatan solat tentunya sudah kami miliki. Ada beberapa tambahan yang harus dibawa yaitu:
  • Traveler adaptor (Singapore dan Malaysia menggunakan colokan 3, Indonesia colokan 2)
  • Botol kosong atau botol minum (untuk isi ulang drinking water di bandara dan tempat wisata) 
  • Power Bank 
  • PASSPORT

Harga air mineral di Singapore itu SGD1. Karena kami lebih sering jalan kaki, tentunya akan cepat haus. Untuk menghemat pengeluaran beli air mineral, alangkah baiknya jika cari yang gratisan :D Untuk di Malaysia, harga air mineral cukup murah. Tapi tetap botol kosong sangat dibutuhkan. Akan saya beritahukan pada artikel yang membahas perjalanan kami di Malaysia :p
Untuk menghemat pengluaran makan, kami batasi sehari hanya makan 2x. Untuk sarapan pagi, kami makan roti dan mie goreng yang kami beli di Indonesia. Believe or not, kami memborong mie goreng dari Indonesia dan memasukkannya dalam koper (uda kayak mau jualan mie goreng :p). Harga mie goreng di sana agak mahal, jadi lebih baik bawa dari Indonesia :p
Saya lupa habis berapa untuk beli roti dan mie goreng. Asumsikan saja untuk perbekalan habis Rp50.000. Gambar di atas adalah aktivitas nyeduh kami saat berada di Malaysia, haha. Saat di Singapore, kami nyeduh menggunakan pemanas air yang ada di hotel.

Sejauh ini biaya yang kami keluarkan untuk pesan tiket, pesan hotel, dan perbekalan adalah Rp412.000 + Rp408.500 + Rp50.000 = Rp870.500 !! Oia, untuk airport tax sebesar Rp150.000 dan taksi ke bandara (dari kampus) sebesar Rp150.000 (per orang patungan Rp50.000). Jadi total biaya yang kami keluarkan sebelum menjejakkan kaki di Singapore adalah Rp1.070.500. Cukup terjangkau bukan? :)



Salam,
Eryk Budi Pratama, CEH, CHt.
EC-Council Certified Ethical Hacker (CEH)
IBH Certified Hypnotist & Hypnotherapist (CH, CHt)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

2 komentar:

Unknown mengatakan...

hi :) I'd like to suggest a massive source of cheap accommodations available on the web : the famous Hostelworld.com. Hostelworld provides all the possible information about hostels (semacam asrama yg harganya super affordable) in almost every possible destination in the world. Aku udah sering banget cari penginapan di Hostelworld, baik di dalam/luar negeri. Why Hostelworld? Karena website ini punya rekomendasi untuk sebagian besar kota tujuan wisata & rekomendasinya bener-bener bisa dipercaya. Selain itu, Hostelworld juga menyediakan info spesifik tentang hostel terkait, e.g. smoking policy, check in/check out, biaya locker, bahasa yg dikuasai oleh staf hostel, dan fasilitas lainnya. Last time I was in Singapore, aku tinggal di salah satu hostel yg masuk dalam 'Hostelworld Recommends', dan memang sesuai dengan laporan di website-nya. Bahkan, hostel tempat aku tinggal itu juga dapet penghargaan 'Hoscar Award' di tahun 2012 yg diselenggarakan oleh Hostelworld. You really need to have a peek at the website while planning your next trip, Eryk! :)
Btw, this is not a paid promotion, ini bener-bener pengalaman pribadi. Enjoy your days & travel on! :D

Prof Eryk mengatakan...

Halo katherine :)

Thanks atas masukannya. Udah aku cek, memang hostel yang ditampilkan harganya sangat terjangkau, hehe.. Kalau mau ke luar negeri lagi coba aku cari2 di situ :)
Kebetulan karena gak ada cc jadi aku nitip temen yg lagi di singapore. Jadi pesen langsung disana, haha.

Posting Komentar

Labels

400 education adsl2+ advisory apec as400 auditor bakrie telecom bakrieland bakrieland goes to campus big 4 bisnis BLOG BTEL bts building relationship ccna ceh certified ethical hacker changi chevron CHIP cloud cloud computing collaboration comptia corporate affairs daily social db2 diskusi panel drupal edugate elektro emart ericsson indonesia ernst&young erp eryk budi pratama event report ey fo gaji game developer game development game programmer goes to school gpon gratis harapan hipnosis hipnoterapi i-Community iArmy IBM IBM i ibm indonesia ibm technology iCommunity ict award iFestival ilmu inaicta INDC international islamic university malaysia internship inti college IT IT consultant it risk assurance jaringan komputer kampus karier kebersamaan klcc komunikasi konsultan konsultan IT kuala lumpur kuliah larkin liburan linkedin magang makan malaysia mandiri young technopreneur membangun relasi microsoft mimpi MNC modem money matters moonson academy mrtg MUGI NET network nilai noc nokia noqc opera software paper pengalaman petronas php presentasi proferyk project management proposal proxmox queen street relasi relationship robotika rynet s40 web apps salary sap sap01 sekolah selina limman seminar seremban sharing session sidang singapore sitroges sixma technology skripsi ss robotika statistika struktur data system i talkshow tandif teknik informatika telekomunikasi telepati telkom time tugas akhir tulisan uas ub UGM unilever universitas bakrie urbanesia usaha venture web hosting wirausaha muda mandiri workshop cloud computing young on top
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eryk Budi Pratama - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger