eryk budi pratama

eryk budi pratama
Home » , , , , , , , » Skripsi: Balada Mahasiswa Tingkat Akhir

Skripsi: Balada Mahasiswa Tingkat Akhir



Mungkin judulnya terkesan lebay, tapi memang itu kenyataannya. Skripsi, salah satu penentu kelulusan dan sesuatu yang sangat berkesan dalam transisi kehidupan mahasiswa ke dunia yang sebenarnya. Berbekal niat dalam diri untuk berbagi terkait hal perskripsian dan pertanyaan dari beberapa adek tingkat, maka saya dengan senang hati akan coba berbagi tulisan terkait hal yang sakral ini.Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Jadi jika ada perbedaan dengan orang lain, harap dimaklumi.

Menentukan Topik
Inilah yang paling sering membuat calon mahasiswa tingkat akhir galau. Bingung cari topik yang enak apa, bingung cari judul, bingung mau ngapain, bingung menerima kenyataan kalau bentar lagi bakal menjadi mahasiswa tingkat akhir :D Untuk menentukan topik, menurut saya ada dua hal pertama yang harus dilakukan, yaitu passion dan permasalahan. 

Passion ini hal yang cukup krusial. Jangan pernah sekali-sekali mengerjakan topik yang bukan bidang atau passion kita, karena yang ada ujung-ujungnya bingung gimana cara menyelesaikan skripsinya dan malas. Jadi pertama-tama tentukan passion kita di bidang apa, atau bidang apa yang paling kita kuasai. Misalnya punya passion computer networking, ya udah fokus di networking saja. Jangan mencoba bidang lain walaupun bidang lain kelihatannya lebih menarik, namun kita tidak menguasai dengan baik. Ujung-ujungnya dibantai saat sidang skripsi.

Untuk mencari permasalahan, mau tidak mau kita harus banyak MEMBACA. Apa yang harus kita baca? Rekomendasi utama adalah jurnal, paper, atau tulisan ilmiah terkait passion kita. Kenapa ini jadi hal utama? Karena jurnal dan paper akan jadi referensi yang paling top untuk menunjang skripsi. Oke anggep saja kita malas baca jurnal/paper, kita bisa mulai dengan membaca berita atau update informasi terbaru apa yang kira-kira menarik untuk kita jadikan topik. Cari permasalahan-permasalahan yang menarik untuk dipecahkan, terutama yang bisa memberikan kontribusi signifikan untuk dunia pendidikan dan industri. Setelah ketemu apa yang ingin kita cari solusinya, baru cari paper/jurnal yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Saya sendiri kalau cari jurnal cuma modal om Google :D Silakan ke perpus minta akses gratis ke jurnal langganan kampus. 

Passion uda tau, permasalahan uda dapet. Baru bisa menentukan topik penelitianya. Sebagai contoh kasus penelitian saya: Saya memiliki passion di IT Management. Untuk mencari permasalahan, saya ke suatu perusahaan melakukan interview. Dari hasil interview, saya mendapatkan beberapa permasalahan di perusahaan tersebut yang bisa saya jadikan topik penelitian. Dalam hal ini terkait manajemen proyek TI dan kualitas layanan TI pada perusahaan tersebut. Dapat disimpulka bahwa untuk menentukan topik penelitian, kita bisa MEMBACA dan/atau BERTANYA kepada orang lain.

Perencanaan Penelitian
Setelah sudah dapat topik, lalu kita coba rencanakan penelitian dengan lebih matang. Rencanakan jadwal penelitian. Tentukan target agar selesai tepat waktu. Kalau saya sendiri, waktu semester 7 saya fokus untuk mengumpulkan data dan semester 8 fokus untuk mengolahan dan meyelesaikan skripsi. Buat pencapaian-pencapain lebih spesifik agar progres kita bisa terukur. Dalam perencanaan penelitian ini ada beberapa hal yang harus dilakukan:
  • Menentukan jadwal penelitian. Tentukan bulan ini harus ngapain, bulan depan harus ngapain, dan seterusnya. Anggap aja kita ambil skripsi semester 8. Semester 8 biasanya mulai bulan Maret-Juli (5 bulan). Idealnya 5 bulan cukup untuk menyelesaikan penelitian untuk S1.
  • Tentukan rumusan dan batasan masalah yang akan diteliti. Ini cukup penting karena dua hal ini yang jadi pembatas atas apa yang harus kita kerjakan.
  • Cari dan baca jurnal/paper sebanyak-banyaknya. Bisa saya pastikan, setelah membaca banyak jurnal/paper, kita bakal tahu sediri harus melakukan penelitian seperti apa.
  • Pikirkan 5W+1H nya. Sudah pasti enam hal ini bakal ada di skripsi kok :D
Sebenernya secara sistematis, seperti inilah penyusunan skripsi:
  1. Latar Belakang. Didapatkan dari hasil membaca dan/atau interview
  2. Rumusan Masalah. Didapatkan dari latar belakang
  3. Batasan Masalah. Nah ini terserah kita mau membatasi penelitia sejauh apa agar tidak terlalu general
  4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
  5. Tinjauan Pustaka. Inilah manfaat dari banyak baca jurnal/paper. Kita tidak akan kesusahan menulis tinjauan pustaka
  6. Metode Penelitian. Jika penelitian bersifat kuantitatif, tentukan objek penelitian, populasi, sampel, dan metode statistiknya. Jika kualitatif, pelajari kerangka kerja/framework, metodologi, atau guideline untuk melakukan analisis kualitatif sesuai dengan topik yang diambil
  7. Nah kalau sudah tinggal nanti melakukan analisis pembahasan, serta menetukan kesimpulan dan saran terkait penelitian yang dilakukan
Untuk lebih detilnya, silakan baca-baca buku tentang metode penelitian, karena tidak mungkin saya jelaskan secara detil di sini.

Eksekusi
Percayalah, ini tahap yang paling susah dilakukan. Banyak mahasiswa yang suka menunda-nunda menuntaskan skripsinya (termasuk saya haha). Seperti mengerjakan tugas, kadang kalau rasa malas sudah tingkat tinggi, skripsi pun bisa dikerjakan SKS. Untuk itulah perlu disusun jadwal aktivitas yang aka kita lakukan untuk menyelesaikan skripsi. Kalau saya sendiri, pertama yang saya jadwalkan adalah membaca banyak jurnal, paper, skripsi, tesis, bahkan disertasi sesuai dengan topik yang telah saya tentukan sebelumnya. Kalau sudah cukup referensi, biasanya dari sini saya sudah mendapatkan rumusan masalah dengan lebih jelas, batasan masalah, nilai tambah dari skripsi yang akan saya kerjakan, dan judul. Satu atau dua minggu pertama saya gunakan hanya untuk mencari referensi. Selanjutnya, untuk menyelesaikan Bab 1, Bab 2, dan Bab 3 tidak butuh waktu yang lama.

Karena di kampu saya sebelum skripsi ada sidang/seminar proposal, maka paling tidak dari 5 bulan jatah waktu pengerjaan skripsi, dalam 1-2 bulan saya harus menyelesaikan Bab1-3. Pada praktiknya sih saya menyelesaikannya dalam waktu kurang dari sebulan. Karena beberapa hal, waktu itu saya sedikit molor submit proposal skripsi sehingga baru bulan April saya bisa seminar proposal, padahal proposal saya sudah selesai sejak akhir Februari.

Seminar Proposal
Karena pada seminar proposal ini yang diuji Bab 1-3, rasanya tidak perlu banyak persiapan untuk menghadapi seminar. Kuncinya ada di Bab 1 dan Bab 3.
Pada Bab 1 (Pendahuluan), tentukan latar belakang dengan jelas. Langkah awal penulisan ada di sini. Untuk menentukan rumusan masalah harus mengacu pada latar belakang. Jadi jangan sampai rumusan masalah tidak nyambung dengan latar belakang. Jika sudah dapat rumusan masalah, tentukan batasan masalah. Ini sangat membantu untuk membatasi penelitian kita agar fokus dan membantu ketika sesi pembantaian jika pertanyaan-pertanyaan penguji berada di luar cakupan penelitian kita. Selanjutnya tetapkan tujuan dan manfaat penelitian. Tujuan penelitian ini juga harus berhubungan dengan rumusan masalah yang telah kita tetapkan.

Bab 2 (Tinjauan Pustaka) ini berisi pejelasan tentang referensi-referensi yang mendukung penelitian kita. Misalnya dalam skripsi saya yang dijelaskan adalah analisis pengaruh tingkat kematangan manajemen proyek TI terhadap kualitas layanan TI. Jadi yang perlu dijelaskan adalah definisi tentang manajemen proyek, manajemen proyek TI, kualitas layanan, COBIT (saya pakai COBIT), dan IT SERVQUAL (ini instrumen yang saya gunakan untuk menilai kualitas layanan TI). Jangan menjelaskan yang tidak digunakan dalam skripsi soalnya menuhin halaman aja :D Oia jangan lupa pada bab ini harus dicantumkan penelitian terdahulu yang pernah dilakukan terkait topik yang kita gunakan.

Bab 3 (Metodologi Penelitian) ini berisi tentang metode yang akan kita gunakan untuk penelitian. Saya tidak bisa menjelaskan detil. Jika penelitiannya kuantitatif, jangan lupa tentukan metode sampling (populasi dan sample berapa), metode pengumpulan data, jenis data (primer dan sekunder), metode pengolahan data (misalnya metode analisis statistik), dan sebagainya. Jangan lupa dicantumkan jadwal penelitian kita. Kita juga bisa mencantumkan hipotesis kita terkait hasil penelitian yang dilakukan.



Sidang Skripsi
Inilah tahap yang paling mendebarkan, haha. Setelah seminar proposal selesai, biasanya ada revisi proposal. Sambil jalan revisi proposal, lanjutkan pengerjaan ke Bab 4 (Analisis dan Pembahasan). Untuk penelitian kuantitatif, setelah seminar selesai, langsung sebarin kuesioner. Tips dari saya sih sebelum seminar proposal, kuesioner harus sudah disusun sehingga setelah revisi proposal kita diterima, kita bisa langsung sebarin kuesioner. Setelah data yang diharapkan sudah terkumpul, tinggal lakukan pengolahan data. Untuk mempercepat pengolahan statistik, ada baiknya menggunakan SPSS atau program statistik sejenis. Saya sendiri menggunakan SPSS dan PSPP (versi open source).
Bab 4 ini pun harus nyambung dengan bab-bab yang kita tulis sebelumnya. Pada Bab 1 kita telah tuliskan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Nah di Bab 4 ini pengolahan data dan analisis yang kita lakukan harus bisa menjawab rumusan masalah dan tujuan penelitian. Metode pengolahan datanya juga harus sesuai dengan apa yang kita jelaskan di Bab 3. Bab 5 berisi kesimpulan dan saran. Lagi-lagi, kesimpulan harus menjawab apa yang ada di Bab 1 dan Bab 4. Saran-saran yang diberikan juga harus relevan.



Untuk menghadapi sidang skripsi, memang harus melakukan persiapan dengan matang. Pada sidang skripsi, penguji sudah pasti lebih killer daripada waktu seminar :D Persiapakan segala hal penunjang skripsi kita. Rapikan kumpulan referensi yang kita gunakan dalam satu folder. Siapkan rekapitulasi pengolahan kuesioner yang kita kerjakan. Ibarat sidang di pengadilan, siapkan berkas-berkas pendukung dan bukti di persidangan. Pikirkan segala kemungkinan pertanyaan yang bakal ditanyakan oleh penguji dan pikirkan segala opsi jawaban yang kita punya. Biar tidak lupa, boleh juga dicatat di buku. Di kampus saya sih tidak ada larangan saat sidang membawa catatan.

Tips Sebelum dan Saat Sidang
Ini beberapa tips sebelum dan saat sidang skripsi menurut versi saya:
  1. Siapkan mental dan banyak berdoa sehari sebelum sidang :D Berdoa supaya diberi kemudahan saat sidang. Buat yang muslim, sebelum sidang jangan lupa solat Dhuha :)
  2. Siapkan segala referensi dan hasil pengolahan data yang mendukung skripsi. Kalau memang hasil pengolahan datanya semrawut, ada baiknya dirapikan dulu biar tidak bingung nanti saat ditanya pas sidang
  3. Hindari rasa gugup saat sidang karena hal ini dapat membuat mental kita jatuh dan tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan penguji dengan optimal
  4. Saat presentasi, jangan seperti orang membaca dengan sering-sering melihat slide. Cukup sesekali lihat slide presentasi. Tujukan padangan mata kita lebih banyak ke penguji dan penonton yang datang. Hal itu mempengaruhi persepsi penguji bahwa kita memang siap dan menguasai materi
  5. Pada saat sesi pembantaian, jangan lupa selalu catat apapun yang diucapkan dosen penguji dan pembimbing. Penguji bisa memberikan komentar dan pertanyaan.
  6. Saat penguji memberikan komentar, jangan lupa ucapkan terima kasih atas komentar yang diberikan. Berikan tanggapan balik jika memang kita merasa statement penguji perlu ditanggapi
  7. Saat penguji memberikan pertanyaan, jawablah dengan tegas, spesifik, dan langsung ke pokok permasalahan. Jangan sekali-sekali terlihat gugup atau bingung ketika menjawab. Boleh kita neges, tapi jangan sotoy :)
  8. Pertahankanlah isi skripsi dan pendapat kita sampai titik darah penghabisan, sampai benar-benar kita memang merasa apa yang kita tulis dan kita ucapkan itu salah

Setelah sidang selesai, biasanya akan ada revisi-revisi yang harus kita kerjakan. Jika kita dinyatakan lulus dengan revisi minor atau major, bersyukurlah karena revisi akan bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Jika dinyatakan sidang ulang, wah ya ini yang agak repot karena kita harus banyak sekali mengubah atau menambah isi skripsi.



Penutup
Mungkin ini sedikit tulisan saya tentang pengalaman menjadi mahasiswa tingkat akhir yang Alhamdulillah akhirnya bisa survive saat sidang skripsi. Apa yang saya tulis memang tidak komprehensif karena memang ada beberapa informasi yang hanya diperuntukkan kepada internal mahasiswa Teknik Informatika dan Sistem Informasi kampus saya. Untuk tulisan yang bersifat internal ini akan saya tulis dan publikasinya dilakukan secara terbatas. Pengalaman yang saya tulis mungkin bisa berbeda dari yang dialami mahasiswa lain. Jadi jika ingin mengetahui skripsi secara keseluruhan, mungkin ada baiknya pembaca bisa mencari banyak tulisan sejenis yang membahas tentang skripsi.

Sekian dari saya, terima kasih :D


Salam,
Eryk Budi Pratama, S.Kom, CEH, CHt.
EC-Council Certified Ethical Hacker (CEH)
IBH Certified Hypnotist & Hypnotherapist (CH, CHt)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

400 education adsl2+ advisory apec as400 auditor bakrie telecom bakrieland bakrieland goes to campus big 4 bisnis BLOG BTEL bts building relationship ccna ceh certified ethical hacker changi chevron CHIP cloud cloud computing collaboration comptia corporate affairs daily social db2 diskusi panel drupal edugate elektro emart ericsson indonesia ernst&young erp eryk budi pratama event report ey fo gaji game developer game development game programmer goes to school gpon gratis harapan hipnosis hipnoterapi i-Community iArmy IBM IBM i ibm indonesia ibm technology iCommunity ict award iFestival ilmu inaicta INDC international islamic university malaysia internship inti college IT IT consultant it risk assurance jaringan komputer kampus karier kebersamaan klcc komunikasi konsultan konsultan IT kuala lumpur kuliah larkin liburan linkedin magang makan malaysia mandiri young technopreneur membangun relasi microsoft mimpi MNC modem money matters moonson academy mrtg MUGI NET network nilai noc nokia noqc opera software paper pengalaman petronas php presentasi proferyk project management proposal proxmox queen street relasi relationship robotika rynet s40 web apps salary sap sap01 sekolah selina limman seminar seremban sharing session sidang singapore sitroges sixma technology skripsi ss robotika statistika struktur data system i talkshow tandif teknik informatika telekomunikasi telepati telkom time tugas akhir tulisan uas ub UGM unilever universitas bakrie urbanesia usaha venture web hosting wirausaha muda mandiri workshop cloud computing young on top
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eryk Budi Pratama - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger