eryk budi pratama

eryk budi pratama

IT (celotehku)


Melihat dan mendengar kata "IT" sudah tentu kita tahu bahwa IT = Information Technology. Di Indonesia, erat kaitannya dengan prodi Teknik Informatika. IT = TI = Teknik Informatika. Lalu, apa yang ingin aku bahas tentang IT ? Untuk kali ini mungkin lebih kearah bagaimana orang-orang yang ada di IT. Lebih ke aspek humanis sih daripada secara teknis di IT nya sendiri. Mungkin akan ad sedikit knowledge yang ingin aku sharing.

Orang IT sering diidentikkan dengan orang yang rela menghabiskan waktu berjam-jam di depan PC untuk coding alias
bikin aplikasi (programmer), berjam-jam untuk ngoprek sistem operasi (IT Administrator), berjam-jam untuk pasang bongkar kabel dan router/switch (Network Engineer), berjam-jam untuk menyusun ERD yang njlimet kayak cacing kepanasan (Database Designer), dan waktu-waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan IT lainnya yang tentunya sangat banyaaaaakkkkk sekali bidangnya. :)

Okey..Mungkin benar adanya. Tapiiii... itu jaman dulu masbro !!! Jaman sekarang udah beda. Orang IT dituntut untuk "lebih". Dulunya, seorang IT yang sudah spesialis mungkin banyak dicari. Tapi sekarang, arus berubah mencari orang IT yang versatilist. Ya..orang IT yang tidak hanya menguasai teknis di satu bidang, namun yang menguasai beberapa hal teknis lain dan non-teknis. Misalnya nih aku bekerja di bidang Network Security. Nah selain ilmu tentang networking dan computer security, aku juga harus tahu ilmu programming walaupun tidak mendalam. Selain itu untuk hal lain non-teknis juga harus bisa, misal kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dalam tim, time management, reporting, dll yang membentuk skill-set kita masing-masing. Dan biasanya ilmu tersebut didapat di luar pendidikan formal kita.

"Loh tapi kan jadinya gak fokus nantinya?"

Kata siapa gan ^_^ Kita punya hidup 24 jam. Ya kale 24 jam kita pake cuma buat ngurusin satu hal yg jadi pekerjaan rutin kita. Misal kita bekerja sebagai programmer. Apakah tidak ada rasa suntuk yang muncul ketika hanya mengerjakan yang itu-itu saja? Secara pribadi aku pasti bosan. Ya, aku suka perubahan. Aku suka hal yang dinamis. Mind-set itulah yang mendorongku untuk belajar banyak hal, terutama tentang IT. Mumpung masih muda kawan !! Otak masih encer. Jangan sampai masa muda disia-siakan. Lakukan banyak hal yang bermanfaat.

Untuk menjadi ahli di bidang IT, tidak harus dengan menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar dan mempraktikkan yang kita pelajari selama berjam-jam sendirian. Hello... di sekitar kita atau mungkin jauh dari tempat kita, masih banyak yang ingin menambah wawasan. Ya... marilah kita berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman yang kita punya. Gak rugi kok berbagi. Selain menambah wawasan, nambah relasi juga loh :D
Ada banyak cara untuk berbagi, salah duanya adalah dengan menulis di blog/web/forum dan dengan berbicara langsung. Ilmu akan terasa barokah jika kita bisa saling berbagi. Dari situ kita juga bisa tau apa yang lebih dan kurang dari kita.

Kembali ke IT, banyak kok para pakar IT yang menjadi semakin pakar karena terlalu ringan tangan berbagi ilmu. Salah satu contoh, pernah aku download ebook tentang bagaimana membangun open source cloud computing yang ditulis oleh pak Onno W. Purbo, salah satu pakar IT terkenal di Indonesia. Ya ampun keren banget isinya. Ilmu semahal itu dibagi cuma-cuma !!! Mungkin ketika orang berpikir "Wah hanya yang udah profesional di bidang Server dan Virtualisasi aja yang bisa bikin cloud computing infrastructure". Dengan tegas aku jawab, "TIDAK !!!". Please, jangan remehkan mahasiswa. Berbekal ebook yang ditulis pak Onno dan tentunya dengan hardware yang sesuai spesifikasi, aku pastikan aku sanggup membuat private cloud infrastructure. Aku yang masih newbie ini, bisa memastikan bisa melakukannya. Itu semua karena orang-orang hebat yang dengan semangat berbaginya ikhlas menulis ebook tanpa dibayar sepersen pun. Aku sangat appreciate banget dengan orang-orang yang suka berbagi dan suka berdiskusi tentang suatu ilmu pengetahuan.

Ya mungkin ini sedikit celotehku yang geje. Daripada malam-malam menggalau mending nulis-nulis saja :D Next time aku akan menulis lagi tentang celotehku tentang IT. See ya :)



By : Eryk Budi Pratama
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

400 education adsl2+ advisory apec as400 auditor bakrie telecom bakrieland bakrieland goes to campus big 4 bisnis BLOG BTEL bts building relationship ccna ceh certified ethical hacker changi chevron CHIP cloud cloud computing collaboration comptia corporate affairs daily social db2 diskusi panel drupal edugate elektro emart ericsson indonesia ernst&young erp eryk budi pratama event report ey fo gaji game developer game development game programmer goes to school gpon gratis harapan hipnosis hipnoterapi i-Community iArmy IBM IBM i ibm indonesia ibm technology iCommunity ict award iFestival ilmu inaicta INDC international islamic university malaysia internship inti college IT IT consultant it risk assurance jaringan komputer kampus karier kebersamaan klcc komunikasi konsultan konsultan IT kuala lumpur kuliah larkin liburan linkedin magang makan malaysia mandiri young technopreneur membangun relasi microsoft mimpi MNC modem money matters moonson academy mrtg MUGI NET network nilai noc nokia noqc opera software paper pengalaman petronas php presentasi proferyk project management proposal proxmox queen street relasi relationship robotika rynet s40 web apps salary sap sap01 sekolah selina limman seminar seremban sharing session sidang singapore sitroges sixma technology skripsi ss robotika statistika struktur data system i talkshow tandif teknik informatika telekomunikasi telepati telkom time tugas akhir tulisan uas ub UGM unilever universitas bakrie urbanesia usaha venture web hosting wirausaha muda mandiri workshop cloud computing young on top
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eryk Budi Pratama - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger