eryk budi pratama

eryk budi pratama
Home » , , , , , , , » Field Visit–PT Bakrie Telecom

Field Visit–PT Bakrie Telecom

Bakrie_Hijau
Wah, ini saat yang saya tunggu-tunggu yaitu kegiatan FVP (Field Visit Program). Kalau dulu waktu semester 2 ke PT Telkom Sigma, sekarang ke PT Bakrie Telecom (BTEL). Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 18 Juni 2012. Topik yang dibahas adalah tentang Network Operation & Quality Assurance Center.
Sebelum menuju lokasi NOQC BTEL, pada pukul 14.00 kami mendapatkan knowledge tentang apa itu NOQC oleh Bapak  Aristyo Lystiono, General manager IT-NOC BTEL. Bagi yang belum tahu NOC seperti apa, mungkin gambar berikut bisa menggambarkannya.
noc (696x524)
Wah sepertinya asik ya ngelihatin monitor yang begitu banyaknya. Gak pusing apa ya =__= Tapi seperti itulah pekerjaan dari orang-orang yang ebrada dalam NOC. Setiap saat mereka harus memonitor apapun layanan yang ada di dalam perusahaan, misalnya SMS traffic, voice traffic, data / IP traffic, dan lain-lain. Nah dalam menjalani tugas sehari-hari, ada beberapa alat perang yang harus digunakan. Bentuknya sih mirip-mirip software opensource bernama MRTG (The Multi Router Traffic Grapher). Jadi MRTG ini tools untuk memonitor traffic dalam jaringan. Aku tidak bisa menyebutkan software apa saja yang digunakan BTEL karena privacy (cari aman, hehe ^^).
Berdasarkan materi yang aku dapat, berikut adalah funsi dari NOQC :
  • Performs front-line network management
  • Provides customer interaction and service
  • Provides service interface to engineering & planning team
  • Provides technical support interface to vendor/technology owner
  • Staffed by network technicians
  • Staff are network knowledgeable; they understand network topology, cause & effect, and management processes
  • Operates 24 x 7 x 365
  • Fail-safe operations
  • Single point of contact for network management
  • Leveraged resources for cost-effective operations and management
Wah banyak juga ya Open-mouthed smileIntinya, NOQC itu digunakan sebagai centralized network monitoring, controlling, alerting, troubleshooting, quality assurance, and surveillance system. Pada NOQC, ada beberapa pembagian divisi, yaitu configuration management, performance management, fault management, dan operational support. Masing-masing divisi memiliki subdivisi yang tidak akan aku tulis satu-per-satu di sini Smile with tongue out.
Bisnisnya BTEL sendiri mungkin hampir sama dengan operator telco yang lain. Untuk core business, terdapat dua hal yaitu CDMA (voice, sms, vas) dan EVDO (broadband wireless access). BTEL juga memiliki bisnis dalam bidang VoIP, ISP, LWAP, dan SLI 009.
Berikut contoh gambar MRTG
MRTG
Sekian yang dapat saya ceritakan. Ada beberapa hal yang tidak bisa saya ceritakan terkait privacy dari perusahaan. At least ini memberikan sedikit gambaran tentang NOQC milik BTEL.
Semangaaaaatttt ^_^
By : Eryk Budi Pratama
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

400 education adsl2+ advisory apec as400 auditor bakrie telecom bakrieland bakrieland goes to campus big 4 bisnis BLOG BTEL bts building relationship ccna ceh certified ethical hacker changi chevron CHIP cloud cloud computing collaboration comptia corporate affairs daily social db2 diskusi panel drupal edugate elektro emart ericsson indonesia ernst&young erp eryk budi pratama event report ey fo gaji game developer game development game programmer goes to school gpon gratis harapan hipnosis hipnoterapi i-Community iArmy IBM IBM i ibm indonesia ibm technology iCommunity ict award iFestival ilmu inaicta INDC international islamic university malaysia internship inti college IT IT consultant it risk assurance jaringan komputer kampus karier kebersamaan klcc komunikasi konsultan konsultan IT kuala lumpur kuliah larkin liburan linkedin magang makan malaysia mandiri young technopreneur membangun relasi microsoft mimpi MNC modem money matters moonson academy mrtg MUGI NET network nilai noc nokia noqc opera software paper pengalaman petronas php presentasi proferyk project management proposal proxmox queen street relasi relationship robotika rynet s40 web apps salary sap sap01 sekolah selina limman seminar seremban sharing session sidang singapore sitroges sixma technology skripsi ss robotika statistika struktur data system i talkshow tandif teknik informatika telekomunikasi telepati telkom time tugas akhir tulisan uas ub UGM unilever universitas bakrie urbanesia usaha venture web hosting wirausaha muda mandiri workshop cloud computing young on top
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Eryk Budi Pratama - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger